Kamis, 25 Agustus 2011

Fisik Si Imut Kura-Kura Brazil

*)Tulisan di bawah ini merupakan saduran dari redearslider.com dan bokunosekai.wordpress.com dan gambar diambil dari web yang bersangkutan.

1. Kepala
Red Ear Slider (RES) sangat mudah dikenali karena adanya garis merah dikepalanya, garis tersebut dianggap seolah2 telinga si kura2 sehingga namanya menjadi Red Ear (telinga merah) Slider (dikarenakan kemampuan RES untuk meluncur ke dalam air ketika merasa dalam keadaan terancam).

1.1. Kepala Bagian Atas
Dapat dilihat dari foto di bawah ini perbedaan antara RES berwarna hijau cokelat gelap dan RES berwarna pastel (kuning). Bila kita amati, motif pada kepala RES yang berwarna hijau cokelat gelap jauh terlihat lebih jelas dibanding yang berwarna pastel. Dan garis merah yang menyerupai telinga pada RES berwarna pastel lebih kentara.


1.2. Kepala bagian samping
RES yang berwarna pastel akan terlihat lebih pucat, seperti RES alb

1.3. Mata
Kelopak mata manusia itu menutup dari atas ke bawah, jadi yang banyak bergerak adalah kelopak atas, sementara RES menutup matanya dari bawah ke atas.

1.3. Telinga
Meskipun garis merah yang berada di kedua sisi RES menyerupai telinga, namun sesungguhnya telinga RES berada di bawah garis merah tersebut. Dan dikarenakan RES merupakan hewan reptil, maka RES tidak memiliki daun telinga. Sewaktu kecil, telinga RES sulit untuk diketemukan oleh kita. Namun, seiring bertumbuhnya RES, maka kita akan mampu melihat telinganya meski hanya berbentuk setengah lingkaran.

Garis setengah lingkaran tersebut berlanjut sampai mata, kemudian ke atas hidung mungilnya, dan menyambung ke bagian yang sama pada sisi lainnya.

1.4. Mulut
RES tergolong kura-kura air tawar. Mereka tidak memiliki air liur sehingga mereka memerlukan air untuk menelan makanannya. Walaupun disebut kura2 air, tapi mereka cukup kuat hidup di darat hingga berhari-hari. Jika mereka menemukan makanan di darat. Mereka akan mencari air untuk menelannya. Kura2 tidak mempunyai gigi, tapi mereka memiliki paruh yang kuat untuk memotong sayur dan daging.

2. Leher
Di leher juga terlihat betapa motif RES hijau cokelat jauh lebih kentara dibanding RES pastel. Begitu pula dalam hal motif. Tetapi dalam hal warna RES pastel terlihat lebih bagus. Motif pada RES sama halnya dengan sidik jari pada manusia. Tidak akan pernah ditemukan motif yang sama. Sungguh salah satu bukti kebesaran Sang Pencipta.


3. Cangkang atau Tempurung
Bagian cangkang kura-kura disebut Karapas dan Plastron. Karapas adalah bagian atas cangkang dan Plastron adalah bagian bawah cangkang. Bagian-bagian tersebut pun dibagi lagi menjadi beberapa nama. Perhatikan pada gambar di bawah.

Pada bagian karapas, ada 5 single skat yang berada di tengah, yang disebut vertebral dan diapit oleh 2 jalur pleural yang disebut costal, serta diikuti oleh seri skat kecil di sekitar ujungnya yang disebut marginal. Pada ujung karapas, di atas leher, terdapat 1 skat yang disebut cervical, sedangkan pada ujung bawahnya disebut supracaudal.

Pada bagian plastron, terdapat 6 skat, yaitu gular, humeral, pectoral, abdominal, femoral, dan anal shield. Pelindung kecil dekat kaki depan adalah axillary, dan pelindung di depan paha belakang adalah inguinal. Plastron ini juga berfungsi sebagai pembeda antara RES jantan dan RES betina.

Ketika masih kecil, warnanya hijau (atau agak kekuningan). Cangkangnya pun sedikit lunak. Ketika RES semakin besar, warnanya berubah menjadi semakin gelap dan garis merahnya pun mulai memudar. Dapat dilihat dari perbedaan pada gambar di bawah ini:

Masing-masing skat pada cangkang atas (karapas) adalah sisik yang termodifikasi, sama seperti kulit reptil lainnya. Bedanya, kura-kurang tidak berganti kulit dalam satu kali proses seperti ular, melainkan secara bertahap (dalam lembaran-lembaran kecil) seperti potongan plastik tipis yang dinamakan scute.


4. Kaki
RES memiliki jari-jari kaki belakang yang dihubungkan oleh selaput (seperti yang dimiliki oleh bebek) karena mereka hewan air. Selaput ini berfungsi sebagai dayung saat RES berenang di air. Kuku-kuku pada RES mampu memberikan indikasi pembeda antara yang jantan dan betina.



5. Ekor
RES memiliki ekor yang cukup kecil dibanding dengan keempat kakinya. Pada bagian ekor ini, terdapat klokoa yang mampu dijadikan indikasi pembeda antara jantan dan betina.


Beberapa Fakta Unik Fisik Si Imut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar