Kamis, 25 Agustus 2011

Perbedaan Si Imut dari Jalanan dan dari Rumahan

Hmmm...mungkin ada yang masih bingung maksud dari si imut dari jalanan? Maksud saya, si imut dari jalanan adalah si imut yang masih hidup di alam bebas. Jadi, masih hidup sebagai makhluk hidup liar dan menjadi salah satu anggota dari rantai makanan di habitat alaminya sana.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi seputar perbedaan si imut yang berasal dari jalanan dan yang berasal dari rumahan.

Seperti yang kita semua tahu, hewan apapun yang sudah menjadi hewan peliharaan, maka bisa dibilang hewan rumahan. Begitu pula dengan kura-kura brazil peliharaan adalah kura-kura brazil yang tidak lagi hidup di alam bebas. Kebebasannya sudah terpenjara oleh dinding-dinding akuarium atau kolam, tempat mereka hidup.

Kura-kura jenis ini biasanya sudah terbiasa berinteraksi manusia, hidup tanpa gangguan predator (pemeliharaan indoor/dalam ruangan) dan hidup dalam tempat yang terbatas, serta suhu habitasi yang sudah dikontrol oleh pemeliharanya. Mereka bergantung pada si empu mereka yang menyediakan kebutuhan harian seperti hidangan makanan dan kondisi lingkungan yang tertata memenuhi nilai estetika.

Sedangkan, kura-kura brazil liar terbiasa dengan habitat yang lebih besar dan volume air yang besar. Mereka mencari mangsa dan akan berusaha untuk menangkap mereka ketika ada kesempatan. Mereka lebih sadar akan bahaya predator dan pada umumnya akan menghindari interaksi dengan manusia. Meski bergantung dengan lokasi tempat tinggal mereka, mereka telah memahami perubahan suhu di alam untuk memanfaatkannya untuk proses hibernasi.

Dengan memahami perbedaan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa si imut dari jalanan tidak menyukai ruang tertutup yang sempit dan akan bereaksi negatif terhadap batasan fisik yang lebih besar. Dengan menangkap kura-kura brazil dari alam bebas, dan memeliharanya di rumah anda, diet mereka akan menjadi sangat berbeda dan siklus hibernasi mereka mungkin akan terganggu.

Si imut rumahan biasanya hidup dalam lingkungan yang relatif stabil dan 'mewah'. Mereka cenderung tidak bersembunyi dari manusia, meskipun mereka masih mudah terkejut. Laju pertumbuhan mereka jauh lebih cepat dan mereka mungkin memiliki asupan makanan yang lebih bervarias, namun yang pasti bukan sebagai makanan untuk diet mereka. Kegiatan mereka terbatas pada ukuran kandang yang ditinggali. Si imut rumahan mungkin tidak akan terkena jumlah penyakit dan parasit sebanyak yang biasa ditemui pada yang berasal dari jalanan. Namun hal ini akan membatasi kemampuan alami mereka untuk melawan penyakit dan parasit jika mereka dilepaskan ke alam liar.

Berdasarkan perbedaan di atas, bukanlah ide yang baik untuk menangkap hewan yang sehat dari alam atau melepaskan binatang peliharaan ke alam liar.

Jika Anda menangkap kura-kura Brazil liar, maka Anda akan mengalami lebih banyak kesulitan dalam menyediakan habitat yang cocok. Upaya yang terbaik adalah selalu berusaha untuk meniru lingkungan liar. Di sisi lain, seekor hewan peliharaan akan lebih rentan terhadap predator, kelaparan, dan penyakit. Memiliki kura-kura Brazil sebelumnya akan membuat transisi yang lebih mudah bagi Anda dan kura-kura anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar